WORKSHOP PHOTOGRAPHY WITH SONY

Si Mbak Andra Alodita

Aku tahu acara ini sih secara dadakan. Waktu aku lagi dengerin radio Kalimaaya Bhaskara FM ternyata yang biasanya acara request lagu jadi acara talk show gitu. Awalnya aku kira ngomongin apa atau ada acara apa, tapi pas aku denger-denger lagi itu pembicaraan seputar photography. Langsung aja aku tertarik buat ikut. Meskipun gak mahir, yaah itung-itung cari pengalaman lah. Acaranya di matos jam 3 sore. Sebenernya workshop yang diadain sony ini bagian dari acara pameran produk sony yang udah diadain mulai tanggal 22-25 Desember.

 

Aku dating kesana. Di depan udah ada 2 MC dan 1 pembicara yaitu mbak Andra Alodita. Orangnya cantik. Aku kira malah modelnya, eh ternyata fotografernya *gak nyangka*. Kayaknya yang minta di fotoin sama mbak Andra Aloditanya kalo gak lebih cantik dari dia bakal minder deh. Hehe. Yup waktu aku dateng si Mbak Andra Alodita lagi mempresentasikan portofolionya. Bagus bagus. Lightingnya, komposisinya, warnanya keren. Dia punya ciri khas yang cewek banget. Soulnya dapet banget. Tapi aku pikir lagi itu wajar karena dia fotografer. Hasil fotonya itu oke dan kekurangannya gak kelihatan. Kayak misalnya, aku aja baru nyadar gara-gara ada orang tanya kenapa hasil fotonya Mbak Andra ada yang kepalanya kepotong (maksudnya sebagian kepalanya, ex: dahinya), Mungkin kalo bukan gara-gara ada orang tanya aku gak begitu merhatiin foto yang kepalanya kepotong itu, karena emang hasilnya oke jadi gak masalah mau motretnya kayak gimana.

ini yang aku maksud kepalanya kepotong. tapi oke kan?!

Mbak Andra Alodita juga bagi bagi tips buat fotografer pemula nih. Setelah kita berhasil memotret suatu objek dan sudah diakuilah minimal diantara temen-temen, gimana sih biar kita bisa menghasilkan uang dengan hasil karya kita? Nah Mbak Andra ngasih saran nih coba deh bikin blog yang isinya portofolio kita. Kayak misalnya portofolionya Mbak Andra Alodita bisa dilihat dihttp://alodita.blogspot.com/

 

Selain itu kita juga harus punya personal branding. Jadi orang-orang bisa tahu ciri khas kita. Seperti Alodita yang ditambahkan di belakang Nama Mbak Andra. Tidak hanya nama tapi hasil karya yang mencerminkan identitas kita juga bisa diigunakan sebagai personal branding. Karena Personal Branding itu sesuatu yang menjanjikan untuk Karya kita.

 

Seorang fotografer juga harus tahu lahannya. Maksudnya sih lebih mengarah ke property yang dipake buat menceritakan sebuah foto. Aku rasa foto yang punyang cerita lebih punya soul dan itu bikin lebih menarik.

 

Mbak Andra juga menambahkan kalo buat fotografer pemula gak harus modal pake studio foto dulu. Bisa aja pake tembok yang di cat putih sekitar 3-4 meter cukuplah. Karena Mbak Andranya sendiri juga dulu memulai fotografer dari tembok jemuran di rumahnya tapi karena pengambilan gambar yang bagus jadi fotonya keliatan kayak di studio. Aku rasa semua tergantung teknik dan soul yang kita punya.

 

Setelah beberapa sesi presentasi dari Mbak Andra MC mempersilahkan bagi siapa saja yang mau bertanya. Dan ada bingkisan juga dari Sony. Aku jadi inget dulu temen sekantorku pernah dimarahin gara-gara salah framing jadi fotonya jelek.So aku tanya apa framing itu penting? Dan framing yang bagus itu seperti apa? Dan jawabannya: framing memang penting, tapi kalo masalah gimana bagusnya mungkin lebih ditekankan ke cerita foto itu sendiri. Mbak Andra tadi ngasih aku contoh sebuah foto. Foto yang sebelah kiri Medium Close Up seorang cewek ballerina yang lagi galau. Yang sebelah kanan Long Shot si cewek Balerina dan seorang cowok. Biar menggambarkan mereka lagi di sebuah stage, Mbak Andra ngasih tangga tinggi yang biasanya ada di balik stage. Hasilnya oke. Yaah aku cukup ngerti lah sekarang. Dan aku dapet bingkisan dari Sony, isinya kaos sama gantungan kunci. Tapi yang aku sesali kenapa warnanya pink?

Bingkisan dari Sony

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: